TUGAS OBSERVASI
SMK WIDYA YAHYA,GADING REJO
Nama
Guru : Sugihartono ,S.T,SMK WIDYA YAHYA GADING REJO
Peneliti
Yamg Hadir : Wahyu Prayogi
Notulis
: Wahyu Prayogi
Tanggal : 3 Mei
2017
Waktu
: 07.15 – 09.00
Kode
|
Observasi/Bukti
|
Pendapat
|
KS
FBM
KS
PMJ
PMJ
|
Pada pukul 07.15 WIB
siswa kelas X,XI,XII masuk ke
sekolah,tetapi seluruh siswa kelas XII tidak masuk kesekolah,di karenakan
sisiwa kelas XII sudah melaksanakan Ujian Nasional (UN) ,setelah saya turun
dari angkutan umum seraya saya masuk ke dalam sekolah sembari saya bersalaman
dengan guru yang mengajar disana dan tak lupa saya bersalaman dengan Pak Nur
Kholis selaku Kepala seolah disana.Sayapun bergegas pergi ke depan gerbang sambil
mengamati lingkungan sekolah yang bersih dan rapi setelah di depan gerbang
,saya menunggu dan mengamati siswa
yang telat.Disana terlihat seseorang pengawas sekolah yang berdiri di samping gerbang untuk
mengawasi dan memberi hukuman kepada murid yang telat .Tak berselang lama bel
pun berbunyi tepat pada pukul 08.00
WIB.gerbang pun di tutup agar siswa yang terkambat tidak dapat masuk ke
sekolah .Setelah bel di bunyikan menandakan
waktu jam pelajaran di mulai.Terlihat ada sekitar 5 orang siswa SMK
Widya Yahya terlambat terdiri atas 2 perempuan dan 3 orang laki-laki
.Pengawas pun langsung meberikan hukuman dan tak lupa memberi pengurangan
poin di buku poin yang sudah dibuat lama oleh pihak sekolah supaya
meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa.Pengurangan poin untuk siswa
terlambat berjumlah 5 poin cukup besar untuk pengurangan poin bagi siswa yang
terlambat.Pengawas memberikan hukuman kepada murid yang terlambat berupa
membersihkan kamar mandi sekolahan dan tidak boleh untuk mengikuti jam
pelajaran pertama.Dalam Observasi ini peneliti mengambil sampel kelas XI TKJ
2.Di dalam ruangan kelas terdapat 4 baris meja dan kursi. Dan terdapat 5 meja
dan bangku yang memanjang ke belakang.Jika di lihat dari depan kelas terlihat satu deret sebelah kiri dekat
pintu ,dua deret di bagian tengah,dan satu deret di bagian dinding tembok
sebelah kanan. Didepan kelas terlihat papan tulis berukuran 2,5x1,5 meter
papan tulis yang langsung menghadap ke
arah siswa.Dalam kelas berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa
perempuan dan 14 siswa laki-laki.
Posisi duduk menghadap ke papan
tulis.Para siswa duduk bersama rekan mereka masing-masing dengan 2 meja yang berukuran
1,5x0,75 m,dijadikan satu.Untuk pemisah antara siswa dengan siswi belum di
terapkan di kelas ini sehingga laki-laki dan perempuan dapat duduk secara
bersama.
Sebelum pelajaran di mulai siswa dan
siswi di beri waktu sekitar 15 menit untuk membaca Al-Qur’an.Jumlah Al-Qur’an
ada 5 buah,jadi yang dapat membaca al quran hanya 10 orang saja,dan dilakukan
secara bergantian per baris.Jumlah ayat yang di bacakan hanya 2 ayat
saja.Setela selesai membaca al-qur’an,ketua kelas menyiapkan aba-aba untuk
memberiakn salam kepada guru dengan ucapan ”Assalamualaikum wr,wb” dan guru
pun membalas belajar.Sebelum memasuki materi pelajaran,guu memberi
nasihat agar siswa semangat untuk
pergi ke sekolah dan menuntut ilmu yang berdurasi 5 menit.
Setelah memberi nasihat ,masuklah
materi pelajaran tentang kewirausahaan.Guru pun memberi materi Peluang dan
Resiko dalam kewirausahan.Ketika guru menjelaskan beberapa siswa yang mencatat tentang materi
ini dan sisanya hanya diam ada pula sibuk dengan mencoret coret di
kertas.Sayangnya di dalm kelas ini pembagian materi pelajaran belum
sepenuhnya di bagikan kepada siswa,hanya beberapa guru saja yang mewajibkan
siswanya untuk mengkopi materi pelajaran. Sambil menjelaskan pelajaran
terlihrat guru bolak-balik ke belakang untuk mengawasi siswa agar mereka
mencatat apa yang dijelaskan oleh guru.
Di akhr sesi jam belajar,guru pun memberi kesempatan
kepada murid untuk bertanya.Para siswa tak ada satupun yang bertanya kepada
murid,akhirnya guru pun yang bertanya balik ke murid dengan menunjuk salah
satu seseorang murid dengan materi yang sama di jelaskan oleh guru
tersebut.Apabila yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru,maka akan di
berikan hukuman.Hukuman tidak terlalu berat bagi siswa hanya untuk berjoget
sambil bernyanyi saja di depan kelas.Ini di lakukan ada beberapa faktor
medukung,agar para siswa tidak terlalu jenuh saat belajar pada pelajaran guru tersebut dan ke dua memberikan
efek malu kepada siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan agar siswa lebih
rajin dalam mencatat pokok penting materi yang di sampaikan.Setelah di rasa
cukup oleh guru siswa pun di perbolehkan duduk kembali.
Sebelum menutup jam pembelajaran siswa
di beri tugas individu tentang materi yang akan di jelaskan besok secara
individu.Setelah guru memberikan tugas
ketua kelas pun menyiapakan aba-aba untuk memberi salam kepada guru
bahwa berakhirnya jam pelajaran.Dan guru pun menjawab salam itu lalu gurupun
meninggalkan kelas.
|
Siswa banyak disiplin di bandingkan
siswa yang melanggar.Dikarenakan ada sistem pengurangan poin dan
hukuman,tetapi ada segelintir siswa yang m elanggar.
Suasana kelas sangat kondusif dan rapi dalam penyusunan bangku tetapi masih
belum di terapkannya pemisahan tempat duduk
antara pria dan wanita.
Dalam pembelajaran sangat bagus karena
para siswa di beri waktu untuk membaca Al-Qur,an dam guru pun memberi sedikit waktu untuk memberikan
motivasi kurangnya jumlah al qur,an yang sangat minim,dan siswa lainnya yang
tidak dapat menyimak bacaan al qu’ran.
Sistem pemberian sangat bagus karena
guru selalu mengawasi para siswanya agar mencatat pokok-pokok yang akan di
sampaikan oleh guru tetapi dilam hal ini materi pembelajaran belum sampai ke
murid sehingga banyak yang belum seberapa paham materi yang di jelaskan
Di dalam materi ini siswa diberikan
beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan bertujauan untuk
siswa menyimak materi yang di jelaskan oleh guru.
Di akhir sesi jam pembelajaran sangat
efektif karena guru memberikan tugas agar murid mengetahui materi apa yang di
sampaikan oleh guru tersebut pada hari kedepannya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar